Sabtu, 12 November 2016

Tutorial Make Up Pengantin Adat Sunda 2016

Keelokan pengantin Sunda ini memang menjadikan mata terpukau, pesona dari keanggunanNYA pun juga telah mendunia. Busana pengantin Sunda yang juga dikenal dengan busana Sunda Siger ini terinspirasi dari busana para putri yang ada di Kerajaan Sunda pada masa lampau. Tata rias pengantin sunda siger yang dalam kamus Basa Sunda RA Danadibrata ini, Siger diartikan sebagai sejenis mahkota untuk perhiasan kepala pengantin maupun wayang wong, yang berarti meletakkan kearifan, kehormatan serta sikap bijak sebagai hal pokok yang harus dijunjung tinggi. Tidak lupa daun sirih yang berbentuk wajik yang di gunakan di kening pengantin wanita ini ialah sebagai simbol penolak bala.

tutorial make up pengantin perempuan adat sunda
Make Up Pengantin Adat Sunda

Adapun tutorial make up pengantin adat sunda ini ialah para pengantin wanita menggunakan siger, sanggul ciwidey dengan beberapa hiasan yang merupakan penghias sanggul yaitu terdiri dari 6 buah Kembang Tanjung, serta  7 buah kembang goyang. Menggunakan ronce bunga melati yang terdiri dari Melati Mangle Pasung, melati Mangle Susun, bunga melati Mangle Sisir, melati Penetep serta bunga melati Mayangsari. Busana Pengantin wanita Sunda Siger biasanya mengenakan kebaya brokat kuning maupun krem. Adapun perhiasan yang biasa di gunakan yakni Kelat Bahu yang berada di kedua lengan, cincin permata, gelang permata serta dua buah kalung pendek dan juga panjang. Selain itu, di bagian bawah, kain batik Lereng Eneng Prada maupun Sido Mukti dengan wiron atau lipatan yang ada di bagian depan kain.

Beralih ke penganti pria, busana pengantin pria ini biasanya menggunakan Jas buka Prangwedana yang berwarna senada dengan pengantin wanita dan juga bendohiasan permata, Boro Sarangka dan juga Kewer. Demikian pula dengan kain batik yang di gunakan pengantin pria, harus sama dengan yang di kenakan mempelai pengantin wanita, yakni kain batik corak Lereng-eneng  mauapun batik Sido Mukti. Pengantin pria juga menggunakan Bendo hiasan permata, Boro Sarangka atau tempat menyimpan keris serta keris sebagai pelengkap. Lalu apa saja sih makna dibalik Tata Rias dan juga Busana Pengantin Sunda?...
tutorial make up pengantin pria adat sunda
Pengantin Pria Adat Sunda

Perlu anda ketahui semua kembang tanjung yang merupakan Hiasan sanggul dengan pola kembang tanjung ini adalah merupakan lambang kesetiaan dan juga cinta kasih. Siger yang berarti meletakkan kearifan, kehormatan serta sikap bijak sebagai hal yang wajib yang memang harus dijunjung tinggi. Roncean bunga sedap malam dan juga roncean bunga melati. Adapun untuk roncean bunga melati ini sendiri memiliki nilai kesucian maupun kemurnian. Kebaya Kebaya juga memberi identitas tersendiri pada semua wanita Indonesia. Samping Lereng Eneng dan juga Sido Mukti Sido mukti ini melambangkan harapan akan masa depan yang jauh lebih baik, penuh kebahagiaan untuk kedua mempelai Lereng Eneng yang berasal artinya jalan kehidupan setelah menikah dan akan sangat panjang dan banyak pula rintangan, maka semua itu harus di hadapi dengan keuletan dan juga kesabaran dan yang terpenting ialah keduanya mau berusaha.

Selanjutnya jas buka prangwadana yang di gunakan pada pengantin pria ini adalah perpaduan antara baju taqwa dan juga baju pangsi yang melambangkan kewibawaan dan juga kejantanan seorang pria. Bendo Bendo sebetulnya bentuk praktis dari iket yang merupakan tutup kepala yang dibuat langsung dari batik dan di pakai oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional Sunda. Yang terakhir keris yang di bawa pengantin pria ini oleh masyarakat Sunda dilambangkan sebagai simbol kejantanan mempelai pria.

Memang setiap detail busana pengantin tradisional ini juga mengandung makna dan filosofi yang sangat tinggi sekali di dalamnya, begitu juga pada busana pengantin Sunda yang ternyata ini mengandung nilai kearifan, kehormatan sebagai nilai pokok yang memang harus di jujung setinggi mungkin. Nah, untuk kamu semua calon pengantin Sunda, setelah mengetahui makna dibalik busana pengantin Sunda tentunya sudah tidak ragu lagi bukan untuk menggunakannya di hari bahagia?.. Untuk tutorial make up pengantin adat sunda, anda dapat menyesuaikan dengan baju, pernak-pernik yang digunakan yang sudah dijelaskan diatas.

Jika dilihat lebih mendalam, pengantin adat sunda tidak jauh berbeda penampilannya dengan pengantin adat jawa. Untuk alat make up pengantin, kamu dapat memilih berbagai produk yang menurut kamu cocok. Salah satu produk tatarias untuk pengantin yaitu wardah dan coba lihat tutorial make up pengantin wardah agar kamu lebih memahami cara pemakaiannya.

Tutorial Make Up Pengantin Adat Sunda 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown